Berbagi informasi seputar dunia pendidikan masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang demi menggali dan meninggkatkan potensi pendidikan

Tuesday, January 23, 2018

Explore Sumatra Barat di Penghujung Tahun 2017 dan Awal Tahun 2018

Hallo sahabat internet semuanya, bagaimana awal tahun kalian? semoga menyenangkan ya, selalu semangat untuk mengisi lembaran baru di tahun 2018 ini. Oke sahabat kali ini Admin ingin berbagi cerita mengenai destinasi wisata yang menakjubkan di Sumatra Barat. Nah sahabat pada akhir tahun 2017, Admin dan kawan-kawan mencoba menjelajahi alam Sumatra Barat, yang ternyata sangat luar biasa menakjubkan, ya… inilah Indonesia dengan sejuta pesona wisatanya.
Admin dan kawan-kawan merupakan rombongan dari Provinsi Jambi yang sengaja ingin menjelajah alam Sumbar. Tepat pada tanggal 31 Desemeber 2017 Admin dan kawan-kawan sampai di Sumatera Barat, tepat pada pagi hari dan langsung menuju ke desitnasi pertama kita sambil menikmati sarapan pagi bersama team.

1.     Pantai Air Manis
Di awali dengan destinasi pertama yaitu mengunjungi tempat wisata yang satu ini, tentunya tidak asing lagi bagi sahabat semua, karena ada cerita yang melegenda di pantai ini, yaitu batu Malin Kundang. Admin dan team tidak terlalu lama berkunjung di pantai Air Manis, karena kita semua sudah sering berkunjung, kali ini hanya sebagai syarat saja dan juga sekedar mencari tempat sarapan pagi yang berbeda tentunya. Akhirnya Admin dan team melanjutkan perjalanan ke destinasi wisata selanjutnya.
2.     Pantai Padang
Siapa yang tidak mengenal pantai ini, pantai yang membatasi kota padang dengan Samudra Hindia. Pantai ini sangat ramai karena berada di pusat kota, namun kami semua hanya lewat saja karena sudah sering berkunjung, namun tetap wah untuk di nikmati pemandangan lautnya dan juga kuliner khas pantainya.
3.     Pantai Gandoriah

Masih seputar pantai ya sahabat, nah pantai yang satu ini merupakan destinasi kami selanjutnya, pantai ini berada di Pariaman, Sumatera Barat. Mengapa kami kesini, karena alasan ingin menikmati putihnya pasir pantai dan juga wisata kulinernya, makan siang telah tiba, kami memutuskan untuk beristirahat sejenak disini. Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, nah tepat di sore harinya kami melanjutkan ke destinasi selanjutnya, kali ini masih berada di wilayah yang sama di Pariaman, kita menuju ke sebuah pulau yaitu Pulau Angso Duo.
4.     Pulau Angso Duo
Pulau kecil yang berada di seberang pantai gandoriah ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, pasir putih bersih, dan jernihnya air laut di selingi nyiur di tepian pulau, sangat menakjubkan, disini kami lumayan lama karena betah sekali dan kali pertama tentunya mengunjungi pulau ini. Sesi pemotretan untuk di jadikan moment pun terus kami lakukan, sampai tiba waktu menjelang petang kami memutuskan untuk kembali ke pantai. Puas kali ini sahabat…. Sesampainya di pantai kami menuju kembali ke kota Padang untuk menikmati malam tahun baru disana. Meskipun cuaca pada saat itu gerimis mengundang, kami tetap antusias menunggu malam pergantian tahun. Tepat pukul 00.00 Wib, kita berada di Taplau, Padang menikmati kembang api. Oke kita sudah berada di tahun 2018 sekarang, setelah selesai menikmati malam pergantian tahun kami melanjutkan ke destinasi berikutnya.
5.     Puncak Lawang
Setelah menikmati malam tahun baru kami lanjutkan ke tempat wisata yang tidak kalah menakjubkan, yaitu Puncak Lawang, tepatnya di Kabupaten Agam Sumatra Barat. Dalam perjalanan kita melewati air terjun Lembah Anai yang pada saat itu masih dalam kondisi yang kurang baik, karena air meluap hingga ke jalanan, sangat berbahaya… beginilah kondisi alam di Sumatra Barat, karena wilayahnya pegunungan sehingga rawan terhadap bencana banjir dan lonsor. Nah di pagi hari kami tiba di Puncak Lawang, kami di sambut dengan pekatnya kabut pada saat itu, awalnya kami pesimis bisa menikmati surga di sini, karena tebalnya kabut yang menyelimuti bukit-bukit pada saat itu. Akhirnya kami memutuskan untuk menikmati sarapan pagi terlebih dahulu. Setelah hari mulai cerah, kabut sudah mulai hilang kami menuju destinasi yang kelima, Puncak Lawang. Belum sampai lokasi kami di suguhi pemandangan danau maninjau yang tertutup awan-awan yang sangat mempesona, di selingi bukit barisan yang asri. Nah tibalah di tempat tujuan, wah…. Kalimat ini mungkin pantas untuk pesona Indonesia satu ini “Negeri diatas Awan”. Sejuknya udara pagi dan pemandangan yang mungkin tidak akan selesai jika Admin bercerita disini.
6.     Ngarai Sianok dan Jam Gadang
Lanjut kedestinasi berikutnya, ngarai sianok, ya tempat wisata yang ada di Bukittinggi ini juga sangat menarik untuk dikunjungi, selain keindahan alam kita juga bisa menyaksikan langsung peninggalan sejarah penjajahan Jepang di Sumatra, yaitu di Lobang Jepang yang berada pada diding ngarai sianok. Selain itu kita juga bisa langsung menuju ikonik kota Bukittinggi yaitu Jam Gadang.
7.     Kelok Sembilan
Destinasi terakhir adalah melihat keindahan jalan laying yang ada di Payakumbuh, yaitu kelok Sembilan, jalan yang berliku ini sangat indah jika dilihat dari atas ataupun dari bawah. Asal jangan hati kita yang berkelok-kelok saja ya sahabat.

Demikian perjalanan wisata yang saya lakukan di Sumatra Barat bersama dengan Team, sangat memuaskan sekali sahabat, dan tentunya dapat meningkatkan semangat kembali, sebagai Mood Booster kita. Nah bagaimana sahabat ? apakah mau mencoba berkeliling Sumbar ? jangan lupa Admin di ajak ya hehehe… Salam…Admin….