Berbagi informasi seputar dunia pendidikan masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang demi menggali dan meninggkatkan potensi pendidikan

Thursday, December 7, 2017

Gambaran Kenampakan Bentuk Muka Bumi Dalam Peta

Pada permukaan bumi terdapat keanekaragaman bentuk, baik yang terbentuk karena proses alamiah ataupun yang terbentuk karena proses buatan manusia. Bagaimana penampakannya jika digambarkan dalam peta ? Nah berikut penjelasan bentuk muka bumi yang terbentuk secara alamiah maupun bentukan manusia serta penampakan dalam peta.
Gambaran Kenampakan Bentuk Muka Bumi Dalam Peta
1.     Kenampakan bentuk muka bumi yang terbentuk secara ilmiah
Kenampakan muka bumi yang terbentuk secara ilmiah sangat beragam diantaranya laut, samudera, gunung, gurun, sungai, danau, rawa, hutan, dan lainnya. Bagaimana bentuk muka bumi yang beragam tersebut digambarkan dalam peta ? tentunya terdapat berbagai macam bentuk penampakan keanekaragaman bentuk muka bumi dalam peta di dalam peta.
a.     Samudra/Laut
Samudra adalah perairan yang sangat luas di muka bumi. Dalam peta, samudera/lautan digambarkan dengan warna biru tua dan biru muda ( semakin tua warna biru dalam peta maka artinya laut tersebut semakin dalam). Misalnya biru sangat muda menandakan kedalaman laut ± 0-200 meter, jika berwarna biru muda maka menandakan kedalaman laut ± 200-2000 meter, dan jika berwarna biru tua maka menandakan kedalaman >2000 meter.
b.    Sungai
Sungai adalah aliran air tawar dipermukaan bumi dengan alur yang terbentuk secara alami. Dalam peta sungai di gambarkan dalam bentuk garis bebas berwarna biru muda dengan keterangan nama dengan menggunakan huruf italic.
c.     Rawa
Rawa adalah dataran rendah yang selalu tergenang air baik air hujan, air permukaan tanah dan lainnya. Atau daerah rawa sering di sebut tanah gambut. Di provinsi jambi contohnya di kabupaten tanjung jabung timur. Dalam peta rawa-rawa di gambarkan dengan garis putus-putus berwarna biru muda.
d.    Danau
Danau adalah cekungan luas di daratan yang digenangi air. Danau meliputi danau alami dan buatan. Dalam peta danau di gambarkan dengan warna biru muda.
e.     Dataran, perbukitan dan pegunungan
Pada permukaan bumi dataran dapat berupa dataran rendah dan dataran tinggi, bukit atau permukaan bumi yang lebih tinggi dari dataran namun lebih rendah dari gunung, dan yang terahir adalah pegunungan atau permukaan bumi yang tingginya melebihi dataran di sekitarnya. Pada peta beberapa bentuk muka bumi tersebut disimbolkan dengan warna sebagai berikut : hijau tua untuk dataran dengan ketinggian 0-100 mdpl, hijau muda untuk dataran dengan ketinggian 100-400 mdpl, warna kuning untuk dataran dengan ketinggian 400-1000 mdpl, dan cokelat tua untuk ketinggian 1000-15000 mdpl.
f.     Gunung
Gunung adalah muka bumi yang berbentuk kerucut atau kubah yang berdiri sendiri. Ketinggian minimal gunung adalah 600 m. gunung dibedakan menjadi gunung berapi(aktif) dan gunung mati. Dalam peta gunung di gambarkan dengan simbol segitiga berwarna merah untuk gunung berapi dan segitiga berwarna hitam untuk gunung mati.
2.     Bentuk muka bumi buatan manusia
a.     Jalan, merupakan jalur sirkulasi yang dibuat oleh manusia untuk pejalan kaki dan kendaraan untuk memudahkan aktivitas manusia itu sendiri.dalam peta, jalan di gambarkan dengan garis berwarna merah. Ketebalan warna tergantung dari besar kecilnya jalan.
b.    Rel kereta api, jalur buatan manusia yang digunakan untuk lajunya kendaraan berupa kereta api yang digunakan sebagai sara transportasi barang ataupun manusia itu sendiri, dalam peta rel kereta api digambarkan dengan garis lurus hitam lebar dan beruas-ruas.
c.     Berbagai macam tempat penting, bentuk muka bumi yang di buat oleh manusia dapat berupa gedung, kota desa, tempat singgah transportasi dan lainnya. Semua itu dapat di simbolkan dengan berbagai macam symbol contohnya untuk kota besar, kota kecil, ibukota Negara, Bandar udara, pelabuhan.

Daftar Pustaka;
Sukmayani, Ratna dkk. Ilmu Pengetahuan Sosial, 2008. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


No comments:

Post a Comment