Berbagi informasi seputar dunia pendidikan masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang demi menggali dan meninggkatkan potensi pendidikan

Thursday, November 30, 2017

Literasi Telah Menjadi Rutinitas Siswa Yang Tidak Bisa di Tinggalkan

Sahabat internet, kita tahu bahwa dalam dunia pendidikan banyak sekali program di luar jam pelajaran yang di terapkan oleh sekolah. Kebijakan tersebut ada yang langsung di sampaikan dari pemerintah ataupun kebijakan dari masing-masing sekolah. Tentunya program tersebut disusun demi meningkatkan kualitas pendidikan. Beberapa program yang di terapkan sekolah biasanya adalah eskul, pengembangan diri, pembiasaan dan lainnya.
Literasi Telah Menjadi Rutinitas Siswa Yang Tidak Bisa di Tinggalkan 

Nah kali ini ada hal yang menarik yang di terapkan di salah satu lingkungan pendidikan tingkat SMP di Kabupaten Tebo. Salah satu SMP Negeri di kabupaten Tebo ini telah menjalankan program literasi sebagai kegiatan rutinitas siswanya disetia pagi hari sebelum kegiatan belajar dalam kelas dimulai. Setelah beberapa waktu berjalan kegiatan ini mulai menjadi rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan, dan tentunya member dampak yang begitu positif untuk para siswa dan juga satuan pendidikan tersebut. Apa yang menarik dengan program literasinya itu ? setiap pagi para siswa di ajak untuk bersama-sama membaca di lapangan sekolah, namun di bagi menjadi dua waktu yaitu beberapa hari membaca buku yang berwawasan dan juga beberapa hari para siswa diajak untuk membaca dan menghafal Al-Quran sedikit demi sedikit. Hal itulah yang membuat suasana di lingkungan pendidikan menjadi menarik. Dan tidak semua sekolah loh menerapkan program literasi yang sama. Namun menurut pendapat Admin sekolah yang menerapkan literasi seperti yang saya ceritakan diatas itu sangat efektif sekali.

Nah demikian ulasan singkat yang dapat admin sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi tiap satuan pendidikan di Indonesia ya. Tentunya kita semua bangga bisa berperan dalam dunia pendidikan baik sebagai guru ataupun sebagai siswa. Akhir kata Admin ucapkan terima kasih…..Salam Admin….

No comments:

Post a Comment