Berbagi informasi seputar dunia pendidikan masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang demi menggali dan meninggkatkan potensi pendidikan

Saturday, October 21, 2017

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya
Dalam kehidupan sosial manusia tidak lepas dari yang namanya perubahan sosial, perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari itu sangat beraneka ragam, apakah kalian mengetahui perubahan apa yang telah terjadi pada diri kalian ? mari kita lihat bentuk perubahan sosial berikut untuk mengetahuinya.
A.      Perubahan sosial dilihat dari maju atau mundurnya
·         Perubahan sebagai suatu kemajuan (Progress)
Perubahan sosial yang di pandang sebagai suatu kemajuan apabila perubahan yang di alami oleh individu atau masyarakat membawa kemajuan. Contohnya : dengan adanya penemuan alat komunikasi membuat orang semakin mudah untuk beriinteraksi sosial, yang dulunya menggunakan surat sekarang telah berganti mengunakan sms
·         Perubahan sebagai suatu kemunduran (Regress)
Perubahan sosial dapat dipandang sebagai suatu kemunduran apabila perubahan tersebut membawa pengaruh yang kurang baik terhadap masyarakat atau individu. Contohnya : Alih pada saat masih SD sangat cerdas, rajin dan periang, namun ketika SMP banyak bergaul dengan teman yang lebih dewasa sehingga prestasi Alif menurun drastis.
B.      Perubahan sosial dilihat dari lamanya proses perubahan
·         Perubahan yang terjadi secara lambat (Evolusi)
Perubahan yang terjadi secara lambat dan prosesnya melewati jangka waktu yang sangat lama. Contohnya : perubahan peranan wanita pada zaman dahulu sangatlah tidak begitu berpengaruh, namun di masa kini wanita telah banyak yang berubah peran seperti menjadi tulang punggung keluarga, pemimpin dan lainnya.
·         Perubahan yang terjadi secara cepat (Revolusi)
Perubahan sosial budaya yang terjadi dalam waktu yang singkat mengenai kehidupan bermasyarakat. Contohnya : perubahan nasib bangsa Indonesia dari terjajah menjadi Negara yang merdeka.
C.      Bentuk perubahan sosial dilihat dari dampaknya.
·         Perubahan yang kecil pengaruhnya
Perubahan yang terjadi dalam masyarakat tidak semuanya besar, ada beberapa yang memiliki pengaruh yang kecil dalam kehidupan bermasyarakat. Contohnya : perubahan mode pakaian tidak terlalu berpengaruh bagi kehidupan orang banyak.
·         Perubahan yang besar pengaruhnya
Dalam kehidupan bermasyarakat banyak terjadi perubahan yang memiliki dapak besar bagi masyarakat itu sendiri. Comntohnya : perubahan dari masyarakat agraris menuju ke masyarakat industry.
D.      Perubahan sosial dilihat dari kehendak masyarakat
·         Perubahan yang dikehendaki
Perubahan yang terjadi karena kehendak masyarakat itu sendiri, dan perubahan tersebut terjadi karena adanya perencanaan. Contohnya : melihat kondisi desa yang tidak tertib, pak kades memberikan kebijakan untuk mererapkan beberapa peraturan desa untuk menertibkan desanya.
·         Perubahan yang tidak di kehendaki

Perubahan yang terjadi dalam masyarakat tanpa adanya perencaan. Contohnya : Pak Andi adalah pembudidaya ikan yang kaya raya, namun suatu ketika kolam ikan miliknya dilanda banjir bandang, sehingga menyebabkan ikannya ilang semua, hal itu membuat Pak Andi menjadi bangkrut

No comments:

Post a Comment