Berbagi informasi seputar dunia pendidikan masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang demi menggali dan meninggkatkan potensi pendidikan

Thursday, October 12, 2017

Perubahan Sosial Budaya Dalam Kehidupan Sehari-hari

 A.    Perubahan sosial
Adalah perubahan yang terjadi dalam struktur sosial atau organisasi sosial masyarakat yang tampak dalam bentuk perbedaan-perbedaan yang dapat diukur dan terjadi dalam kurun waktu tertentu.
B.    Penyebab Perubahan Sosial Budaya
a.     Faktor Intern
Faktor dari dalam yang di sebabkan oleh manusia itu sendiri juga dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya, berikut ini adalah faktor intern yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya:
·         Faktor Demografi
Faktor demografi berhubungan dengan bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk dalam suatu masyarakat, hal ini tentunya dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial. Sebagai contoh, perubahan sosial yang di sebabkan karena pertambahan jumlah penduduk “Ketika desa Tegal Arum jumlah penduduknya masih sedikit, lahan pertanian yang dapat di garap sangat luas sehingga masyarakat mudah untuk berkebun, sedangkan pada saat ini jumlah penduduknya semakin padat, hal itu menyebabkan lahan pertanian semakin sempit sehingga menyebabkan bertambahnya pola piker masyarakat untuk mengelola lahan dan juga mengembangkan keahlian lain, itulah yang di sebut dengan faktor demografi.
·         Faktor pertentangan antar golongan dalam masyarakat
Dalam masyarakat biasanya terdapat pengelompokan masyarakat dan biasanya menyebabkan terjadinya pertentangan, misalkan golongan masyarakat muda dan golongan masyarakat tua, tentu pola pikirnya berbeda dan hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya pertentangan akibat perbedaan pendapat. Contoh, ketika dalam masyarakat terjadi perbedaan pendapat bisa menyebabkan perang dingin semisal dalam rapat organisasi karang taruna, golongan muda ingin membuat lampu penerangan jalan sedangkan golongan muda ingin membeli kursi sebagai kebutuhan, hal itu yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam lapisan masyarakat.
·         Revolusi
Revolusi sosial dapat menyebabkan terjadinya perubahan soasial, revolusi sosial adalah perubahan sosial budaya yang terjadi secara besar-besaran dan menyeluruh dalam suatu  masyarakat. Contoh, kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kolonialisme sangat menderita dan banyak terjadi penindasa, namun sekarang Indonesia sudah merdeka, sehingga bangsa Indonesia banyak yang hidup sejahtera.
·         Penemuan Baru
Penemua baru atau biasa disebut dengan inovasi juga dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial, contoh, pada tahun 1990 mobil kijang menjadi barang mewah dan menunjukkan status sosial seseoang, namun pada saat ini tahun 2017 hal itu tidak berlaku lagi karena sudah ada inovasi munculnya mobil mewah seperti Alphard.
b.    Faktor Ekstern
·         Faktor Lingkungan Alam
Terjadinya perubahan alam dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya, contoh di aceh sebelum terjadi tsunami masyarakatnya tentram dan sejahtera, nah setelah tsunami melanda aceh banyak masyarakat yang di hantui ketakutan.
·         Adanya Peperangan
Peperangan sudah jelas mempengaruhi perubahan sosial budaya, contoh, Brazil di jajah oleh Portugis dan setelah merdeka Brazil menggunakan bahasa Portugis sebagai bahasa nasionalnya.
·         Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain
Kontak yang terjalin antara masayarakat suatu Negara dengan Negara lain dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya, contoh Indonesia terkenal akan budaya sopan santunnya dalam berpakaian, namun karena Indonesia tempat tujuan turis untuk berwisata maka banyak masyarakat Indonesia yang terpengaruh budaya berpakaiannya seperti di bali, jogyakarta, Lombok, banyak masyarakat yang mulai meninggalkan budaya local dan mengikuti budaya luar.

Daftar Pustaka,
Sudirman.A.M, Mulyani Endang, Resati Dyah Suryo.2008.Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial 3. Solo:Tiga Serangkai
Sukmayani, Ratna dkk. Ilmu Pengetahuan Sosial, 2008. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

No comments:

Post a Comment