Berbagi informasi seputar dunia pendidikan masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang demi menggali dan meninggkatkan potensi pendidikan

Monday, January 21, 2019

Penguatan Ekonomi Maritim di Indonesia

Ekonomi maritim di indonesia telah menjadi salah satu penopang perekonomian yang berkelanjutan, bahkan dalam perdagangan internasional ekonomi maritim memiliki peran serta yang bias di katakana tidak sedikit. Apa itu ekonomi maritim? Apakah sama ekonomi maritim dengan ekonomi kelautan ? tentu saja berbeda ya, mari kita bahas perbedaan ekonomi maritim dengan ekonomi kelautan.
Ekonomi maritim merupakan kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, industry galengan kapal dan perawatannya, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan beserta industry dan jasa terkait. Jadi dalam ekonomi maritim kegiatan yang di lakukan lebih mengarah pada kegiatan industri yang memanfaatkan kondisi geografis yaitu daerah pesisir pantai, darat serta lautan.
Sedangkan ekonomi kelautan merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan di wilayah pesisir dan lautan serta daratan yang menggunakan sumber daya alam dan jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa.
Dari dua penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa terdapat perbedaan antara ekonomi maritim dan ekonomi lautan, hanya saja tetap memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama yang bermukim di daerah pesisir. Nah setelah itu, apakah ekonomi maritim dan kelautan sangat berpengaruh terhadap kegiatan ekspor impor di indonesia ? jawabannya tentu sangat berpengaruh sekali. Kita bisa lihat sendiri, komoditi ekspor indonesia dari sektor kelautan diantaranya udang, ikan tuna, lobster, rumput laut, ikan sarden, ikan tongkol dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan peran ekonomi maritim adalah sebagai alat untuk membatu ekspor komoditi kelautan seperti, kapal, pelabuhan dan industri pengawetan ikan. Menurut kalian apakah sector ekonomi maritim di Indonesia bisa di tingkatkan lagi atau tidak ? ini menjadi PR buat kita semua bangsa Indonesia. Dengan demikian mari kita tingkatkan bersama ekonomi maritim kita, kita tahu betul bahwa indonesia merupakan negara kepulauan yang tentu saja kaya akan hasil lautnya. Sekarang tinggal bagaimana kita mengelola itu semua, apakah kita hanya mengekspor barang mentah atau meningkatkan industri dan menciptakan barang jadi dari sektor kelautan.

Semoga Indonesia bisa bangkit dan membangun perekonomian yang maju melalui berbagai sektor terutama sektor kelautan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, mari kita cintai Indonesia kita, berikan yang terbaik buat negeri. Salam Admin…. 

No comments:

Post a Comment