Berbagi informasi seputar dunia pendidikan masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang demi menggali dan meninggkatkan potensi pendidikan

Monday, August 14, 2017

Peran Penting Wali Kelas di Sekolah

Warganet yang berbahagia, dalam kesempatan ini saya akan membahas mengenai peran wali kelas di lingkungan sekolah. Kita tahu bahwasannya sebenarnya peran wali kelas sangatlah vital di lingkungan sekolah, baik buruknya tingkah laku peserta didik itu juga bisa di pengaruhi oleh peran wali kelasnya. Baiklah berdasarkan pengalaman yang telah saya alami, baik sebagai guru ataupun wali kelas, sudah banyak menjumpai banyaknya prilaku peserta didik baik yang positif ataupun yang negatif, hal ini tentunya penting untuk di perbincangkan demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tebo, karena Admin sendiri merupakan salah satu guru yang bertugas di salah satu SMP Negeri di kabupaten tebo.
Peran Penting Wali Kelas di Sekolah 

Baiklah berikut ini merupakan peran wali kelas di lingkungan sekolah, baik dalam mengatasi masalah-masalah yang negatif,  memotivasi semangat peserta didik,  ataupun menumbuhkan kerativitas yang telah tertanam dalam diri peserta didik.

Pertama kita akan membahas mengenai peran wali kelas dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan prilaku negatif, karena banyak sekali penyebab bobroknya pendidikan yaitu karena perilaku peserta didik yang negatif. Disinilah peran wali kelas sangat vital, karena wali kelas harus bisa mengubah prilaku peserta didiknya agar berperilaku positif di sekola, masalah-kenakalan peserta didik yang sering kita hadapi diantaranya, Siswa yang merokok di sekolah, membolos, mengompas, berkelahi, berpacaran, berkata kotor, tidak sopan dengan guru, membangkang, tidak pernah masuk sekolah dalam jangka waktu lama. Masalah-masalah tersebut tentunya akan sangat berbahaya apabila kita yang berperan sebagai pendidik tidak menindaklanjutinya terutama wali kelas.

Untuk menghadapi masalah tersebut tentunya tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa, mungkin dengan cara berikut ini kita bisa mengatasi masalah negatif yang ada pada diri peserta diidik kita diantaranya :

1.   Sebagai wali kelas yang paling utama kita harus mengenal semua anggota kelas yang  kelasnya kita ampu.
2.       Sebagai wali kelas kita harus selalu menjalin komunikasi dengan peserta didik dengan baik.
3.       Kenali tingkah laku peserta didik secara perlahan.
4.       Dekati masing-masing peserta didik dengan cara yang berbeda-beda.
5.       Sesekali mengajak untuk bercanda dan setelahnya berikan motivasi kepada peserta didik.

Nah jika setelah itu masih di temukan peserta didik yang berperilaku negatif, maka yang harus wali kelas lakukan diantaranya :

1.  Memanggil anak dengan nada halus lalu ajaklah mengobrol santai, setelah peserta didik merasa relax maka bicarakan mengenai prilaku negatifnya secara perlahan.
2.     Setelah anak memahami dengan apa yang kita sampaikan, tambahkan motivasi-motivasi.
3.   Semangati peserta didik dengan memperlihatkan prestasi yang seharusnya bisa di capainya dengan potensi yang dimiliki.
4.     Lakukan hal itu tidak hanya sesekali, namun sesering mungkin.

Dengan cara tersebut maka mudah-mudahan setiap peserta didik akan memiliki karakter yang baik, jauh dari perbuatan negatif yang dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain, dengan cara diatas maka peserta didik akan merasa segan untuk melakukan perbuatan negatif apabila kita sudah dekat dengan peserta didik, sehingga perilaku baiklah yang akan tumbuh dalam diri peserta didik.

Nah… setelah kita membahas mengenai peran wali kelas di lingkungan sekolah dalam mengatasi  masalah negatif, yang kedua, kita akan membahas mengenai peran wali kelas dalam memberikan dorongan semangat dan motivasi terhadap peserta didik yang memiliki perilaku baik dan prestasi yang baik pula, berikut yang bisa kita lakukan sebagai wali kelas :

1.      Wali kelas selalu mendampingi dan selalu mengapresiasi apapun prestasi peserta didik.
2.       Berikan pandangan terhadap bakat yang dimilikinya supaya bisa tetap di kembangkan.
3.       Berikan contoh kesuksesan yang di raih orang lain untuk memotivasinya.
4.       Tanamkan rasa hormat terhadap orang lain , agar tidak memunculkan sikap kesombongan.

Demikianlah peran wali kelas yang bisa kita terapkan di lingkungan kita mengajar khususnya untuk wali kelas , mudah-mudahan dengan artikel ini dapat membantu kita semua untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas yang di dasarkan IMTAQ dan IPTEK yang baik. Harapan saya kita semua dapat berpartisipasi pendidikan yang baik di Indonesia, dan terkhusus di lingkungan pendidikan Kabupaten Tebo. Sekian dari saya….. saya ucapkan terimakasih.

No comments:

Post a Comment