Berbagi informasi seputar dunia pendidikan masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang demi menggali dan meninggkatkan potensi pendidikan

Saturday, December 9, 2017

Unsur-unsur Fisik dan Sosial Kawasan Asia Tenggara

Asia Tenggara memiliki 11 negara di dalamnya, semua Negara di kawasan Asia Tenggara Memiliki banyak kesamaan tentunya, hal itu di karenakan sama-sama memilki iklim tropis. Kesamaan itu antara lain dari unsure fisik maupun sosialnya.
Unsur-unsur Fisik dan Sosial Kawasan Asia Tenggara

A.    Bentang Alam
Luas wilayah Asia Tenggara ±4,5 juta km2, terdiri atas pulau-pulau dan bagian daratan Benua Asia. Asia Tenggara merupakan wilayah pertemua gugusan pegunungan Muda Mediterania dan sirkum pasifik. Kedua gugusan pegunungan itu bertemu di wilayah Indonesia bagian Timur, tepat nya di Laut Banda.
Selain gugusan pegunungan, di wilayah Asia Tenggara juga terdapat dataran rendah. Misalnya lembah-lembah sungai, pesisir semenanjung, dan sebagainya. Wilayah tersebut pada umumnya subur. Di dataran rendah banyak dijumpai sungai-sungai besar diantaranya adalah sungai Mekong, sungai Kapuas, sungai Mahakam, sungai Batanghari, sungai musi dan masih banyak yang lainnya.
B.    Iklim
Secara keseluruhan, wilayah Asia Tenggara berada disekitar ekuator/katulistiwa, yaitu diantara garis balik utara (23030’LU) dan garis balik selatan (23030’LS). Kesamaan letak astronomis tersebut menyebabkan Negara-negara di kwawasan Asia Tenggara memiliki iklim yang tidak jauh berbeda.
1.     Daerah disekitar garis ekuator, memiliki iklim tropis dengan curah hujan tinggi. Musim hujan dan kemarau berganti setiap setengah tahun sekali, oleh karena itu di kawasan ini banyak terdapat hutan hujan tropis.
2.     Wilayah diatas atau dibawah garis ekuator, mengalami iklim musim tropika sehingga banyak ditemui hutan musim dan sabana.
3.     Daerah pegunungan yang memiliki iklim pegunungan, kawasan ini banyak terdapat hujan orografis oleh karena itu banyak ditemukan hutan lebat.
C.    Sosial Budaya
Penduduk asli Asia Tenggara adalah bangsa melayu yang termasuk ras Mongoloid. Penduduk Asia Tenggara juga terdiri dari banyak suku bangsa. Tata kehidupan masyarakat Asia Tenggara memiliki banyak kesamaan contohnya kehidupan masyarakatnya agraris dan keagamaan. Sebagian besar  di kawasan Asia Tenggara adalah pertanian tradisonal. Oleh sebab itu sebagian masyarakat tinggal di daerah subur seperti lembah sungai. Agama utama masyarakat Asia Tenggara adalah Islam, Buddha, Hindu, dan Katolik Roma. Bahasa utama yang digunakan adalah bahasa melayu, dan beberapa bahasa peninggalan masa penjajahan seperti Inggris, Portugis dan Spanyol.
D.    Sumber Daya Alam dan Perekonomian
Sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara sangat potensial terutama pertanian, perkebunan dan kehutanan. Potensi yang besar terutama dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu :
1.     Banyak lembah sungai yang subur
2.     Banyak gunung api yang memberi dampak kesuburan tanah
3.     Iklim tropis dengan dua musim bergantian dan sinar matahari sepanjang tahun.
Selain pertanian sebagian besar wilayah Asia Tenggara kaya akan bahan tambang. Hasil tambang utama antara lain minyak dan gas bumi, batu bara, perak, emas, timah, dan berbagai jenis logam lainnya.
1.     Jalur timah utama ditemukan di sepanjang Semenanjung Malaysia dan sebagian lagi ada di wilayah Indonesia.
2.     Endapan minyak banyak dijumpai di Indonesia dan Myanmar
3.     Gas alam paling banyak ditemukan di wilayah Indonesia
4.     Batu bara banyak ditemukan di Indonesia dan Vietnam
5.     Mineral besi banyak ditemukan di wilayah Vietnam, Malaysia dan Filipina.
Daftar Pustaka,

Sukmayani, Ratna dkk. Ilmu Pengetahuan Sosial, 2008. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

No comments:

Post a Comment