Berbagi informasi seputar dunia pendidikan masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang demi menggali dan meninggkatkan potensi pendidikan

Tuesday, October 17, 2017

Bedanya Anak Sekolah Zaman Dulu Dengan Sekarang

Bedanya Anak Sekolah Zaman Dulu Dengan Sekarang

Sahabat internet, tahukah kamu bedanya anak sekolahan Zaman sekarang dengan zaman dulu, ya tentunya sangat berbeda mengingat tidak hanya bumi saja yang berevolusi tetapi zaman juga selalu berevolusi. Lantas apa yang memedakan anak sekolah pada zaman yang berbeda ini ? baiklah berikut ulasannya.
1.     Dilihat Dari Tata Kramanya
Anak zaman dulu di kenal lebih santun dan patuh terhadap guru dan orang yang lebih tua, bahkan rasa sungkan selalu ada di dalam diri, segan, malu, dan juga hormat, yak arena anak zaman dulu takut dengan yang namanya kuwalat, karma, dosa, dan juga takut akan di beri hukuman yang berat. Hal tersebut tentunya sangat demi terbentuknya moral anak sehingga menjadi manusia yang berlandaskan iman dan taqwa. Bedanya dengan anak zaman sekarang atau di kenal dengan istilah modern yaitu anak zaman now…. Anak zaman now cenderung lebih cuek, bahkan ada yang tidak menghormati guru, dan orang yang lebih tua, mereka menganggap hal tersebut itu biasa saja, bahkan terkadang banyak seorang pelajar yang menghina, mencerca, bahkan membantah dengan gurunya, tentunya hal itu sangat menyedihkan sekali, hanya segelintir siswa yang moralnya masih terjaga dan dapat di katakana mampu menghadapi kondisi lingkungan yang tidak baik.
2.     Dilihat Dari Tingkat Ketahanan Fisiknya
Anak zaman dulu itu anak yang tangguh, anak yang kuat anak sekolah pada tahun 90an tidak pernah mengeluh untuk berjalan kaki, bahkan kondisi geografis pada zaman dulu belumlah sebagus zaman sekarang, jarak tempuh kesekolah tidaklah dekat namun mereka tetap semangat untuk bersekolah. Nah sedangkan jika di bandingkan dengan anak zaman now, mereka menuntut perkembangan zaman sekolah harus bawa kendaraan bermotor sendiri, kondisi fisiknya lemah, upacara bendera pun banyak yang pingsan dan pura-pura pingsan, tentunya hal ini tidak baik bagi perkembangan moral anak.
3.     Diliat Dari Sisi Kenakalan
Anak zaman dulu bukanlah anak yang baik semua, ada juga golongan anak sekolah yang nakal, namun tidak seperti masa kini, anak zaman dulu di usia SMP masih sangat polos, belum mengenal pacaran, alcohol, rokok,  dan pergaulan bebas, nakal yang mereka lakukan hanya sebatas kewajaran. Nah bagaimana dengan anak zaman now, ya sangat berbeda jauh sekali, masa kini anak usia SMP sudah berani pacar-pacaran seperti orang dewasa, bahkan ada yang sampai melakukan hubungan layaknya suami istri, bayangkan anak SMP, berapa usianya, tapi kenakalan mereka sangatlah berbahaya tak jarang banyak anak yang masih di bawah umur harus menikah karena hamil di luar nikah, kenakalan lainnya, minuman keras, alcohol menjadi hal yang biasa bagi mereka, apalagi di kota-kota besar.
4.     Dilihat Dari Pergaulannya
Anak zaman dulu lebih senang bergaul dengan teman sejawat sepermainan, sehingga sangatlah jarang terjadinya kesenjangan sosial dan juga pengaruh-pengaruh yang negative, di bandingkan dengan anak zaman sekarang pergaulan mereka cenderung lebih bebas, bahkan bergaul dengan teman yang tidak seusia dan yang lebih buruk bergaul secara bebas dengan orang yang tidak sekolah sehingga banyak pengaruh negatif dari anak tersebuat.
Kesimpulannya bukan berarti anak zaman dulu lebih baik dari anak zaman sekarang, namun ini hanyalah sebatas gambaran dari kehidupan nyata sehari-hari, dengan seapath kalimat yang saya tuliskan ini harapan saya generasi muda akan terus menjadi lebih baik bukan malah menjadi lebih buruk, baiklah sahabat, renungkanlah dan mari kita bersama-sama mengoreksi diri kita sendiri untuk menjadi manusia berahlak yang berguna bagi bangsa dan Negara, akhir kata saya uncapkan terima kasih….Salam Admin….

1 comment: