Berbagi informasi seputar dunia pendidikan masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang demi menggali dan meninggkatkan potensi pendidikan

Friday, August 11, 2017

Cara Mengoptimalkan Jam Kerja Guru di Sekolah

Cara Mengoptimalkan Jam Kerja Guru di Sekolah

Guru merupakan suatu pekerjaan yang mulia, dan tentunya  menjadi seorang guru adalah cita-cita mulia. Namun Sebagai seorang guru, tentu kita harus tau apa peran kita, apakah hanya mengajar di kelas lalu menyudahi pelajaran ? Tentunya tidak hanya itu, sahabat edukasi pastinya tahu apa saja tugas yang harus di kerjakan untuk kita sebagai seorang pendidik. 

         Ya, peran seorang pendidik itu bukan hanya sekedar mengajar di kelas, banyak sekali yang harus di kerjakan, tugas umum seorang guru juga tentunya sahabat edukasi tahu apa itu RPP, Silabus, KKM, Prota, Promes, Program Remedial, Bahan Ajar, atau sering kita sebut perangkat pembelajaran hal itu sudah tidak asing lagi bagi kita seorang pendidik, belum lagi kita harus mengoreksi hasil belajar, membina siswa diluar jam mengajar, dan ketika akhir semester tiba tentunya kita seorang guru akan di sibukkan dengan pekerjaan lainnya seperti menyiapkan soal ujian, menyiapkan raport, membuat kisi-kisi dan yan lainnya. 

          Jika semua itu kita sepelekan, apalagi dengan menunda-nunda pengerjaannya maka pada akhirnya akan menyulitkan kita sendiri dan kita akan mengeluh menganggap pekerjaan seorang guru itu sangatlah berat. Tentunya keluhan itupun tidak akan membantu kita menyelesaikan kewajiban kita sebagai pendidik.

Nah, sahabat edukasi yang berbahagia, saya disini akan memberikan solusi supaya pekerjaan kita seoang guru tidaklah menjadi begitu berat, banyak cara ataupun solusi yang telah diterapkan oleh sahabat edukasi untuk mengatasi hal itu, namun disini saya akan memberikan trik supaya pekerjaan kita sebagai seorang guru tidak terasa begitu berat, hal ini berdasarkan pengalaman saya sendiri yang juga seorang guru, bahkan tidak hanya guru melainkan operator sekolah, tentunya akan lebih banyak lagi porsi kerjanya, tapi itu bukanlah suatu masalah jika kita bisa membagi waktu yang tepat.

Berikut ini adalah trik untuk mengoptimalkan jam kerja guru di sekolah :

1.     Kita harus menyusun program kerja

Menyusun program kerja adalah menentukan apa saja yang akan kita selesaikan dalam kurun waktu tertentu, supaya apa yang harus kita kerjakan dapat terjadwal dengan baik.

2.     Membuat target penyelesaian

Dengan memberikan target untuk menyelesaikan tugas kita maka mau tidak mau kita akan memanfaatkan waktu seoptimal mungkin


3.     Menentukan waktu yang tepat

Dalam hal ini kita harus benar-benar menghargai waktu, bagi kita guru yang mengajar di tingkat SMP/SMA maka tidak setiap waktu kita mengajar di kelas, namun ada jeda kita untuk menggajar, nah bagaimana kita mengoptimalkan waktu tersebut ? Pertama, gunakan jam kosong untuk mengerjakan pekerjaan kita yang sudah terprogram, dan mulai mengerjakan sesuai waktu yang kita targetkan sendiri. Kedua, jadikan hal ini kebiasaan, sehingga kita akan lebih mudah melakukan apabila sudah terbiasa. Ketiga, Pulang sesusai jadwal jam kerja, sehingga banyak waktu yang bisa kita manfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan kita. Keempat, Fokus pada pekerjaan yang sudah terprogram.

4.     Memberikan batas waktu sendiri

Memberikan batas waktu juga sangat menentukan dalam menyelesaikan pekerjaan kita, namun dengan catatan kita harus mematuhi batas waktu yang sudah kita buat sendiri sehingga pekerjaan akan selesai tepat pada waktunya

Demikianlah cara yang admin lakukan sebagai seorang guru, harapan saya supaya bisa menjadi guru yang professional dengan pekerjaannya. Saya sangat berharap kepada sahabat edukasi bisa saling sharing untuk membantu meningkatkan kinerja guru. Terimakasih … Salam Admin…


No comments:

Post a Comment