Berbagi informasi seputar dunia pendidikan masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang demi menggali dan meninggkatkan potensi pendidikan

Tuesday, February 19, 2019

Perdagangan Antar Daerah Atau Perdagangan Antar Pulau

Perdagangan Antar Daerah Atau Perdagangan Antar Pulau

Perdagangan antar daerah merupakan kegiatan tukar menukar barang atau jasa berdasarkan kesepakatan bersama tanpa adanya unsur pemaksaan yang di lakukan oleh penduduk/lembaga di suatu daerah dengan penduduk/lembaga di daerah lain dalam satu batas wilayah negara atas dasar kesepakatan bersama.
1.         Tujuan Perdagangan Antar Daerah
a.       Memperoleh keuntungan
Tujuan utama dalam perdagangan tentu saja mencari keuntungan. Keuntungan itu sendiri dapat diperoleh melalui selisih antara harga beli dengan harga jual. Atau jika barang produksi sendiri maka keuntungan dari selisih antara harga jual dan biaya produksi.
b.       Memperluas Jangkauan Pasar
Perdagangan yang apabila dilakuan sampai keluar daerah tentu saja akan menambah kesempatan mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena jangkauan pasar yang semakin luas. Arti dari jangkauan pasar itu sendiri adalah jumlah konsumen yang semakin besar dan tersebar di berbagai daerah.
2.         Faktor Pendorong Perdagangan Antar Daerah
a.       Perbedaan faktor produksi
Perbedaan faktor produksi yang tersedia di tiap-tiap daerah dalam suatu negara tentunya berbeda-beda, hal itulah yang mendorong terjadinya perdagangan antar daerah, dimana saling melengkapi pemenuhan kebutuhan konsumen yang ada di tiap daerah. Misalkan di provinsi jambi sangat melimpah buah durian sedangkan di Jakarta sangat jarang sekali sedangkan di Jakarta sangat banyak barang-barang hasil industri, sehingga dari kedua daerah bisa saling melengkapi dan sama-sama mendapat keuntungan.
b.       Perbedaan tingkat harga antardaerah
Selain perbedaan faktor produksi, perbedaan tingkat harga juga sangat mendorong terjadinya perdagangan antar daerah. Hal ini berkaitan dengan perbedaan faktor produksi tiap daerah. Contoh ketika di Jambi buah durian melimpah tentu harga sangat rendah, namun jika di jual ke daerah lain tentu harga akan tinggi, keuntungan juga berlipat.
3.         Manfaat Perdagangan Antar Pulau
a.       Menyediakan alternative alat pemuas kebutuhan bagi konsumen
b.       Meningkatkan produktivitas
c.       Memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat.
Demikianlah pembahasan mengenai perdagangan antar daerah, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai bahan belajar ataupun referensi dan lain sebagainya. Salam… Admin….


No comments:

Post a Comment