![]() |
Metode/Teknik Belajar yang Menyenangkan |
Warganet yang berbahagia, kali
ini saya ingin bercerita sekaligus berbagi pengalaman mengajar yang
menyenangkan. Saya merupakan salah satu guru yang mengampu bidang studi Ilmu
Pengetahuan Sosial di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Tebo. Bagi kita
seorang pendidik atau guru tentunya selalu menginginkan suasana belajar yang
menyenangkan, dan juga berharap peserta didik bisa menyerap materi pelajaran
yang telah kita sampaikan dengan mudah. Jika hal ini tercapai tentunya akan
memberikan kepuasan tersendiri bagi kita seorang guru, di samping itu, tentunya
kita juga telah berhasil membangun semangat anak dan memotivasinya dengan
berbagai cara belajar yang kita terapkan.
Nah, baiklah sekarang saya akan berbagi mengenai metode belajar yang menyenangkan, yang merupakan
pengalaman admin sendiri dalam mengajar dan juga membuka semangat peserta didik,
berikut metode yang admin lakukan setiap kali memberikan materi kepada peserta
didik.
Dalam setiap pelajaran yang saya ampu
yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial, saya selalu memberikan 3 pertanyaan kepada
peserta didik saya sebelum melanjutkan materi pelajaran, siswa yang paling
terdahulu mengangkat tangan nya, akan saya berikan kesempatan untuk menjawab
pertanyaan seputar pelajaran pada pertemuan sebelumnya dan yang paling membuat
peserta didik saya semangat yaitu poin yang saya berikan kepada peserta didik
yang berhasil menjawab pertanyaan saya. Jadi pada awal semester saya membuat
kesepakatan dengan peserta didik bahwa sebelum memulai pelajaran saya akan memberikan
pertanyaan sebanyak tiga kali, dengan bonus poin yang bias membantu nilai
ulangan mereka. Berikut ini cara penerapannya :
1.
Nilai
yang saya berikan ketika ulangan harian maksimal 100
2.
Sedangkan
setiap 1 poin bernilai 5
3. Jika
siswa berhasil mendapatkan 20 kali poin dalam 1 periode ulangan harian, maka
saya akan memberikan nilai ulangan harian 100 tanpa harus ikut ulangan harian.
4. Jika
siswa hanya mendapatkan poin di bawah 20 kali dalam 1 periode ulangan harian,
maka saya akan menambahkan poin yang di dapat untuk menutupi nilai ulangan
harian yang kurang.
5. Sebelum
pelajaran dimulai, semua harus bersiap untuk memperebutkan pertanyaan yang saya
berikan.
6.
Tidak
boleh melihat buku selama pertanyaan sedang saya sampaikan.
7. Setiap
siswa memiliki kesempatan sama untuk menjawab, hanya saja mereka harus
memperebutkan dengan cara mengangkat tangan.
8.
Setelah
3 pertanyaan saya berikan maka saya memulai pelajaran selanjutnya.
Demikian adalah metode belajar yang
saya terapkan di tempat saya mengajar, dan hasilnya peserta didik saya sangat
antusias dan bersemangat untuk membaca materi pelajaran yang sudah saya berikan
sebelumnya, dan bersiap untuk menunggu pertanyaan dari saya sebagai guru
mereka.
Jadi kesimpulannya, saya menerapkan
metode ini semata-mata adalah untuk menjadikan peserta didik saya selalu
mengingat materi yang sudah saya ajarkan dan juga selalu membaca buku
pelajarannya, dan harapan saya siswa saya dapat menyerap materi pelajaran yang
telah saya sampaikan. Hasil yang saya rasakan sebagai pendidik sangat besar
sekali pengaruhnya, siswa saya menjadi dekat dengan guru, hormat, dan juga yang
terpenting selalu semangat menunggu jam pelajaran dimulai, khususnya menunggu
jam pelajaran yang saya ampu.
Dengan demikian, mungkin teman-teman pendidik bisa mencoba menerapkan metode yang saya terapkan, atau dengan senang
hati admin bisa menerima pendapat dari semuanya untuk menambah atau memperbaiki
metode saya ini demi terciptanya pendidikan yang berkualitas khususnya di
Kabupaten Tebo. Salam Edukasi
No comments:
Post a Comment