Berbagi informasi seputar dunia pendidikan masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang demi menggali dan meninggkatkan potensi pendidikan

Saturday, August 12, 2017

Metode/Teknik Belajar yang Menyenangkan

Metode/Teknik Belajar yang Menyenangkan 

Warganet yang berbahagia, kali ini saya ingin bercerita sekaligus berbagi pengalaman mengajar yang menyenangkan. Saya merupakan salah satu guru yang mengampu bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Tebo. Bagi kita seorang pendidik atau guru tentunya selalu menginginkan suasana belajar yang menyenangkan, dan juga berharap peserta didik bisa menyerap materi pelajaran yang telah kita sampaikan dengan mudah. Jika hal ini tercapai tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi kita seorang guru, di samping itu, tentunya kita juga telah berhasil membangun semangat anak dan memotivasinya dengan berbagai cara belajar yang kita terapkan.

Nah, baiklah sekarang saya akan berbagi mengenai metode belajar yang menyenangkan, yang merupakan pengalaman admin sendiri dalam mengajar dan juga membuka semangat peserta didik, berikut metode yang admin lakukan setiap kali memberikan materi kepada peserta didik.

Dalam setiap pelajaran yang saya ampu yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial, saya selalu memberikan 3 pertanyaan kepada peserta didik saya sebelum melanjutkan materi pelajaran, siswa yang paling terdahulu mengangkat tangan nya, akan saya berikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan seputar pelajaran pada pertemuan sebelumnya dan yang paling membuat peserta didik saya semangat yaitu poin yang saya berikan kepada peserta didik yang berhasil menjawab pertanyaan saya. Jadi pada awal semester saya membuat kesepakatan dengan peserta didik bahwa sebelum memulai pelajaran saya akan memberikan pertanyaan sebanyak tiga kali, dengan bonus poin yang bias membantu nilai ulangan mereka. Berikut ini cara penerapannya :

1.    Nilai yang saya berikan ketika ulangan harian maksimal 100
2.    Sedangkan setiap 1 poin bernilai 5
3.  Jika siswa berhasil mendapatkan 20 kali poin dalam 1 periode ulangan harian, maka saya akan memberikan nilai ulangan harian 100 tanpa harus ikut ulangan harian.
4.   Jika siswa hanya mendapatkan poin di bawah 20 kali dalam 1 periode ulangan harian, maka saya akan menambahkan poin yang di dapat untuk menutupi nilai ulangan harian yang kurang.
5. Sebelum pelajaran dimulai, semua harus bersiap untuk memperebutkan pertanyaan yang saya berikan.
6.    Tidak boleh melihat buku selama pertanyaan sedang saya sampaikan.
7.  Setiap siswa memiliki kesempatan sama untuk menjawab, hanya saja mereka harus memperebutkan dengan cara mengangkat tangan.
8.    Setelah 3 pertanyaan saya berikan maka saya memulai pelajaran selanjutnya.

Demikian adalah metode belajar yang saya terapkan di tempat saya mengajar, dan hasilnya peserta didik saya sangat antusias dan bersemangat untuk membaca materi pelajaran yang sudah saya berikan sebelumnya, dan bersiap untuk menunggu pertanyaan dari saya sebagai guru mereka.

Jadi kesimpulannya, saya menerapkan metode ini semata-mata adalah untuk menjadikan peserta didik saya selalu mengingat materi yang sudah saya ajarkan dan juga selalu membaca buku pelajarannya, dan harapan saya siswa saya dapat menyerap materi pelajaran yang telah saya sampaikan. Hasil yang saya rasakan sebagai pendidik sangat besar sekali pengaruhnya, siswa saya menjadi dekat dengan guru, hormat, dan juga yang terpenting selalu semangat menunggu jam pelajaran dimulai, khususnya menunggu jam pelajaran yang saya ampu.

Dengan demikian, mungkin teman-teman pendidik bisa mencoba menerapkan metode yang saya terapkan, atau dengan senang hati admin bisa menerima pendapat dari semuanya untuk menambah atau memperbaiki metode saya ini demi terciptanya pendidikan yang berkualitas khususnya di Kabupaten Tebo. Salam Edukasi

No comments:

Post a Comment